GA Sing Mak Jleb. Jujur wae aku ki kaget, seneng tur yo kagum karo Mbakyu Niar Gingsul, nom noman sing isih gelem ngajak awake dewe nguri nguri basa daerahe dewe, yaiku kelayan gawe GA sing mak jleb... rasane aku melu kesindir ngono, haha... Temtune yen saben dinane sih aku nganggo Basa Jawa, tapi yo ngono iku... isih kasar, Jawa Urban ngono lah. Menawa dikon nganggo Kromo Inggil, waduh... mumet cah, paling paling yo grothal grathul tapi sak ora orane nduweni niatan lan podo sinau bareng wae lah yo. Rak ngono tho, Cah?

GA Yang Mak Jleb. Jujur aja saya nih kaget, senang bercampur kagum pada Mbak Niar Gingsul, salah satu anak muda yang masih perduli mengajak kita semua untuk melestarikan bahasa daerah kita masing masing, yaitu dengan mengadakan GA yang mak jlebh... berasa kesindir deh saya, haha... Tentu saja setiap hari saya sih pake Bahasa Jawa, tapi ya gitu deh... masih kasar, Jawa Urban gitu lah. Jika disuruh pake Krama Inggil, waduh pusing, paling juga belepotan tapi setidaknya punya niatan untuk belajar bersama lah ya. Bukan begitu, kawan?





Moco GA sing mak jleb iku aku koq dadi kelingan yen pas ngaji. "Bismillahi kelayan nyebut asamane Gusti Allah, Ar Rahmaan kang Maha Welas, Ar Rahiim lan Maha Asih. Alhamdu utawi sekabehe puji, iku Lillahi kagungane Gusti Allah, Robbil 'Alamin kang mangerani sedaya ngalam kabeh..." Kurang luwihe koyo ngono.

Membaca GA yang mak jleb tersebut saya jadi teringat saat mengaji. "Bismillahi dengan menyebut nama Allah, Ar Rahmaan yang Maha Pengasih, Ar Rahiim dan Maha Penyanyang. Alhamdu adapun segala puji, adalah Lillahi bagi Allah, Robbil 'Alamin yang menjadi Tuhan semesta alam..." Kurang lebihnya seperti itu. 

Pada kitab yang diterjemahin ke Bahasa Jawa saya malah banyak menemukan kosakata kosakata yang gak lumrah dalam keseharian, semisal gawok (kaget) terusss... terusss... apa yah, lupa! :D

Bahasa Jawa itu memang ribet, hehe... ada level levelan segala. Untuk teman sebaya pake Boso Ngoko, untuk menghargai orang lain pake Kromo Madya, untuk menghargai yang lebih tua lagi pake Kromo Inggil (koreksi jika salah). 

Itu baru keribetan pada level bahasa belum lagi soal penamaan. Semisal : buah nangka kalo masih muda dinamai babal/ gori, isi buah nangka dinamai beton; buah semangka muda dinamai planco, isi buah semangka dinamai kwaci; buah asam muda dinamai cempalu, isinya disebut klungsu, daunnya disebut sinom; isi buah duren namanya pongge, bunganya disebut dlongop;  kelapa muda disebut degan, muda lagi disebut cengkir, muda lagi disebut buluk, pohon kelapa dinamai glugu, daun kelapa yang muda disebut janur, yang tua disebut blarak. Intinya... ribet puwoolll, haha.

Kalo dalam bahasa Indonesia menyebut binatang ya cuman sapi, anak sapi. Tapi tidak demikian dalam bahasa Jawa. Anak sapi dinamai pedhet, anak kerbau dinamai gudhel, anak kuda dinamai belo, anak katak dinamai precil, anak bebek dinamai meri, anak gajah dinamai bledhug, anak ayam namanya kuthuk, anak kera namanya kowe (kamu)... haha.

Belum lagi nih ya, Suku Jawa kan luas ada yang banyumasan, ngayogyakarta, trus ada yang style jawa timuran. Exclamationnya juga beda beda. Untuk pesisir pantura barat biasanya pake "si" ato "ra", "omahmu Semarang si~" (rumahmu semarang, kan?), sedangkan pantura timur lebih pake "tah", banyumasan pake "mbok", yogyakarta pake "je", kalo Semarang? lebih keren dong, pakenya "ik" (huruf "k" samar seperti penyebutan kaka"k"). "Wuaduh... aku durung adus, ik" (waduh... saya belum mandi nih).

Bener bener mak jleb nih GAnya Niar, bikin saya juga menggali keunikan keunikan bahasa daerah saya, Jawa. Yang unik tentu saja "sound effect" yang dimasukin dalam sebuah kalimat, ini juga yang mempengaruhi khasanah bahasa indonesia kita. Seperti mak jleb, mak nyus, mak bedunduk, mak jegagik, mak tlepok, mak plenthus. 

Jian, GA sing mak jleb ini emang bikin saya termotivasi untuk menggali lebih dalam, ik. Maturnuwun yo, Niar Gingsul... :D




"Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway"

Categories:

2 Responses so far.

  1. kuwi ndelok pepak disek opoh ora mas,gawe nyebut ke anak2 kewan, hahahah :D

    matur suwun ngih sampun nderek, dicatet PESERTA :D

  2. Samaranji says:

    @Niar : haha... kelingan karo "kembang setaman" sih :p
    Alhamdulillah wis iso follow blogmu... link blogmu yowis tak pasang gon samping iku, kategori "Galaksi Domain".

    Maturnuwun wis dicatet. :D

Leave a Reply